KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayaNya sehingga penyusunan proposal
permohonan program bantuan operasional Pendidikan (BOP) tahun anggaran 2016,
dapat diselesaikan.
Proposal ini memuat gambaran mengenai keadaan
RA.......... Kec. .............. Kota ........... dalam rangka mendukung
pelaksanaan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mendapatkan bantuan
tersebut di atas yang sumber dananya diperoleh dari pusat.
Akhirnya kepada semua pihak yang telah
membantu dan memberikan dana kepada RA ......................
Atas bantuan yang diberikan kami ucapakan
banyak terima kasih.
Grogol, ………………………….. 2016
Kepala RA ........
.........................
I. Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia
yang terampil dan professional, pendidikan merupakan Center Education. Oleh
karena itu pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara orangtua
masyarakat, sekolah, pemerintah. Maka dengan ini agar sekolah dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat dan menghasilkan produk pendidikan yang memadai diperlukan
berbagai sarana pendidikan yang lengkap.
Pendidikan RA .............., merupakan
landasan peningkatan mutu sumber daya manusia karena merupakan tempat dimana
pertama kali memasuki pendidikan formal yaitu RA ........ Kekeliruan
pendidikan dan bimbingan siswa-siswi di RA akan terbawa ke jenjang pendidikan
selanjutnya.
Kepala sekolah dan guru merupakan personil
pokok dalam pengelolaan proses pembelajaran di sekolah yang ditunjang dengan
kelengkapan sarana pendidikan, baik itu buku pelajaran maupun media pendidikan
lainnya. Dalam rangka peningkatan pendidikan RA ketersediaan buku-buku
pelajaran yang sangat membantu demi kelancaran proses pembelajaran serta sarana
prasarana yang memadai. Dengan adanya bantuan operasional pendidikan (BOP)
merupakan upaya peningkatan mutu pembelajaran di RA ............. Kel. ... Kec..... Kota......
II. Program
Pemeliharaan
1.
Pemeliharaan
sekolah
2.
Pengadaan
meubeler
3.
Pengadaan
buku-buku cerita lengkap
4.
Pengadaan
media atau alat peraga, ATK
5.
Peningkatan
gizi anak, pemberian makanan tambahan
III. Tujuannya
1.
Terpenuhinya
sarana pembelajaran
2.
Terpenuhinya
sumber belajar dan buku-buku perpusatakaan, cerita sebagai referensi yang memadai.
3.
Mempunyai
rasa tanggungjawab bersama antara sekolah, masyarakat dan pemerintah.
IV. Sasaran
Terpenuhinya buku-buku sumber belajar dan
buku perpustakaan RA-.............. serta peserta didik dituntut untuk belajar
sambil bermain dan untuk menambah wawasan serta pengetahuan karena anak belajar
di usia dini bagaikan mengukir di atas batu yang tidak akan lupa dan susah
hilangnya.
V. Manfaat
1.
Anak
didik dapat bermain dengan riang dan gembira
2.
Guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang
menenyangkan sambil bermain
3.
Terciptanya
siswa yang pandai, cerdas, kreatif, dan kritis
4.
Terpenuhinya
peserta didik dalam bermain dan mengenal lingkungan.
VI. RENCANA ANGGARAN
- Terlampir :
Pembelian / Pengadaan buku
pendidik atau bacaan anak
Pembelian Alat Tulis RA untuk
Kegiatan Pembelajaran
Pembelian peralatan
Pendidikan
Pembelian Bahan habis pakai
Penyelenggaraan Kegiatan
Pembinaan Siswa
Langganan daya jasa dan
lainnya.
Kegiatan penerimaan siswa
baru
Biaya pemantauan /
pendeteksian tumbuh kembang anak
Biaya Peningkatan gizi anak
atau pemberian makanan tumbuhan
Penyusunan dan Pelaporan
TOTAL RP. ..............
VI. PROFIL SEKOLAH
A.
Data
RA
1.
Nama
RA : ....................................
Alamat RA : .....................................
.............................
2.
Nama
Kepala : ................................
No. Hp. : ...........................
3.
NS-PAUD
RA : ..............................
4.
NSPN : ...........................
5.
Akreditasi
/ Th. : ....................
B.
Keadaan
Guru dan Murid RA.....
1.
Keadaan
guru
Jumlah guru RA .....................
No
|
Tahun
|
Jumlah
|
1
|
2015/2016
|
6 orang
|
2.
Keadaan
Murid RA........................
No.
|
Tahun
|
Kel.
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1.
|
2015 – 2016
|
A
|
11
|
17
|
28
|
2.
|
2015 – 2016
|
B
|
27
|
29
|
56
|
Jumlah
|
84
|
C.
Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan
program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara
pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada
peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
Adapun kurikulum yang digunakan di RA .....................adalah kurikulum 2013 Dan Mulok daerah setempat.
D.
1.
Sarana dan Prasarana
RA ..................... mempunyai tanah ......... m2 tanah
wakaf.
No.
|
Penggunaan Tanah
|
Luas (M2)
|
1.
|
Bangunan
|
......... M2
|
2.
|
Lapangan Olahraga
|
..........M2
|
3.
|
Kebun
|
…
|
4.
|
Dipakai lainnya
|
…
|
5.
|
Belum digunakan
|
…
|
2. Jumlah dan kondisi bangunan serta ruangan di
RA .................
No.
|
Ruangan/Bangunan
|
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
1.
|
Ruang Kelas
|
3
|
||
2.
|
Ruang Kepala RA
|
|||
3.
|
Ruang Guru
|
|||
4.
|
Ruang T.U
|
|||
5.
|
Lab. IPA
|
|||
6.
|
Perpus
|
|||
7.
|
Masjid / Mushola
|
|||
8.
|
Ruang Bermain
|
|||
9.
|
Ruang UKS
|
|||
10.
|
Ruang Kesenian
|
|||
11.
|
Ruang BP/BK
|
|||
12.
|
WC Guru
|
|||
13.
|
WC. Siswa
|
|||
14.
|
Ruang Anak
|
|||
15.
|
Kantin
|
3.
Meubelair
No.
|
Meubelair
|
Kondisi
|
|
Baik
|
Rusak
|
||
1.
|
Meja guru
|
||
2.
|
Kursi guru
|
||
3.
|
Lemari guru
|
||
4.
|
Meja Anak
|
||
5.
|
Kursi anak
|
||
6.
|
Papan karya anak
|
||
7.
|
Loker anak
|
||
8.
|
Rak buku
|
||
9.
|
Alas lantai
|
||
10.
|
Papan tulis
|
1.
Perlengkapan
administrasi
No.
|
Meubelair
|
Kondisi
|
|
Baik
|
Rusak
|
||
1.
|
Mesin tik
|
||
2.
|
Komputer
|
||
3.
|
Pengeras suara
|
||
4.
|
Over head Projector
|
||
5.
|
Mesin Foto copy
|
||
6.
|
Mesin Faximile
|
||
7.
|
Kursi Meja
|
||
8.
|
Infocus
|
||
9.
|
Printer
|
||
10.
|
Lainnya
|
2.
Sumber
Air dan Penerangan
No.
|
Sumber
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rusak
|
|||
1.
|
Air
|
PDAM
|
||
Sumur
|
||||
Sumur
bor
|
||||
Sungai
|
||||
Mata
air
|
||||
2.
|
Listrik
|
PLN
|
||
Generator
|
||||
Lampu
minyak
|
3.
Perlengkapan
Olahraga dan seni
No.
|
Meubelair
|
Kondisi
|
|
Baik
|
Rusak
|
||
1.
|
Bola keranjang mesin
|
||
2.
|
Bola basket mesin
|
||
3.
|
Sepakbola mesin
|
||
4.
|
Atletik
|
||
5.
|
Ayunan
|
||
6.
|
Papan titian
|
||
7.
|
Papan luncur
|
||
8.
|
Jungkitan
|
||
9.
|
Terowongan
|
||
10.
|
Bak pasir
|
||
11.
|
Jaring panjat
|
||
12.
|
Mandi bola
|
||
13.
|
Lainnya
|
E.
Visi
dan Misi RA.................
Visi :
Misi :
Tujuan :
F.
Kegiatan
di RA....................
Kegiatan di RA ................ berlangsung 6 (enam)
hari dalam satu minggu dari jam 07.30 s/d 10.30 WIB.
Materi yang disampaikan pada siswa
-
Ahlak
perilaku dan kemandirian
-
Pendidikan
Agama Islam
-
Bahasa
-
Kognitif
-
Fisik
-
Mulok
Ekstra kurikuler :
-
Mewarnai
-
Hapalan
surat pendek / doa harian/Sholat/asmaul husna
-
Cerdas
cermat
-
Menari
VIII. Foto copy rekening Bank ..................
Terlampir
IX. Penutup
Demikian Proposal Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) RA ini disusun
untuk dijadikan usulan kepada Kepala Bidang Pendidikan di Kementerian Agama Kota .............Provinsi ...............
Dengan segenap kemampuan dan fasilitas yang kami miliki semoga pelaksanaan pendidikan
di RA ...............Kecamatan .......... ini dapat terlaksana dengan baik,
dan dapat berhasil seperti yang diharapkan. Dengan demikian kita dapat
menangani dan memajukan pendidikan bagi anak usia PAUD sehingga masa keemasan
tidak hilang percuma.
Atas perhatian dan kepedulian pemerintah
Kementerian Agama Kota ........... program bantuan operasional pendidikan, kami
mengucapkan terima kasih dan semoga program ini akan berkelanjutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar